Persiapan Singkat Membuat Visa Pelajar Korea Selatan

49
8574
Persyaratan Mengurus Visa Pelajar Korea Selatan
Persyaratan Mengurus Visa Pelajar Korea Selatan

Impian dari kebanyakan pelajar di Indonesia adalah melanjutkan studi ke luar negeri.

Apalagi ke negara yang memiliki universitas ternama di mata dunia, salah satunya adalah Korea Selatan.

Untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri, bukan hanya berkas pendaftaran saja yang perlu disiapkan namun pendaftaran perizinan tinggal di negara tersebut juga perlu di siapkan.

Izin tinggal ini sering di sebut dengan visa. Banyak yang beranggapan pembuatan visa itu sulit.

Padahal jika tahu alur dan semua berkas yang diperlukan lengkap, membuat visa sangatlah mudah.

Karena kamu akan melanjutkan studi di korea selatan, visa yang kamu ajukan tentunya adalah jenis pelajar.

Visa pelajar sendiri terbagi menjadi dua, Pertama : Visa pelajar (D-2) dan Kedua : Visa Pelatihan Bahasa (D-4).

Nah setelah mengetahui visa pelajar mana yang akan kamu buat untuk studi di Korea Selatan, kamu bisa langsung menyiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk persyaratan pembuatan visa tersebut.

Persiapan Membuat Visa Pelajar ke Korea selatan.

Persyaratan Dokumen.

A. Visa pelajar (D-2)

Visa pelajar ini dapat di gunakan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di korea selatan untuk jenjang S1, S2,S3 dan juga penelitian.

1. Passport asli dan fotokopi

Fotokopi halaman identitas beserta visa / cap negara-negara yang telah dikunjungi.

2. Formulir aplikasi visa

Mengisi formulir applikasi dengan satu lembar foto kemudain ditempelkan pada kolom foto.

3. Certificate of Admission

Surat keterangan telah diterima di universitas yang dituju.

4. Ijazah terakhir

Siapkan ijazah asli dan fotocopy

5. Certificate of Health (TB)

Sertifikat atau surat hasil tes kesehatan tuber colocis (TB)

6. Bukti Keuangan terbaru

Surat Referensi Bank terbaru atas nama pribadi atau orang tua dengan saldo minimum USD 20.000, pilih salah satu.

7. Surat Surat pengantar Universitas/Institusi pelatihan

Surat keterangan jika kamu menjadi mahasiswa pindahan untuk semester berikutnya di korea selatan.

Baca Juga : 5 Beasiswa ke Korea yang wajib kamu tahu

B. Visa Pelajar (D-4)

Visa pelajar ini dapat di gunakan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di korea selatan untuk melakukan pelatihan, misalnya pelatihan bahasa korea.

1. Passport asli dan fotokopi

Fotokopi halaman identitas beserta visa / cap negara-negara yang telah dikunjungi.

2. Formulir aplikasi visa

Mengisi formulir applikasi dengan satu lembar foto kemudain ditempelkan pada kolom foto.

3. Certificate of Admission

Surat keterangan telah diterima di universitas yang dituju.

4. Ijazah terakhir

Siapkan ijazah asli dan fotocopy

5. Certificate of Health (TB)

Sertifikat atau surat hasil tes kesehatan tuber colocis (TB)

6. Bukti Keuangan terbaru

Surat Referensi Bank terbaru atas nama pribadi atau orang tua dengan saldo minimum USD 9.000, pilih salah satu.

7. Surat Surat pengantar Universitas/Institusi pelatihan

Surat keterangan jika kamu menjadi mahasiswa pindahan untuk semester berikutnya di korea selatan.

C. Biaya Pembuatan Visa.

  • Visa kunjungan dibawah 90 hari [ Single Visa ] : Rp. 544.000,-
  • Visa kunjungan diatas 90 hari [ Single Visa ] : Rp. 816.000,-

Apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea, Biaya visa tidak dapat dikembalikan.

D. Pendaftaran dan Pengambilan Visa.

  • Pendaftaran Visa : 09.00~11.30
  • Pengambilan Visa : 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : Sekurang-kurangnya 4 Hari Kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan berkas pendaftaran visa. Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika berkas dianggap belum lengkap dan akan diadakan interview jika dibutuhkan.
  • Passport tidak boleh dipinjam selama proses pembuatan visa,

Gimana sobat beasiswa korea ? mudah bukan mendaftar visa ke Korea selatan?

Masih ada pertanyaan seputar pembuatan visa, kamu bisa mengunjungi website kedutaan korea selatan dan mengontak langsuk pihak kedutaan.

atau…

Silahkan ketik pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah.

Note :

Penerima beasiswa dari Pemerintah Korea (KGSP), Perusahaan Korea maupun Pemerintah Indonesia yang biaya hidup dan biaya sekolahnya ditanggung tidak perlu melampirkan bukti keuangan.

Jika berkas yang diajukan dianggap belum lengkap maka pihak Kedubes Korea berhak meminta berkas tambahan.

Selamat kamu sudah mengetahui persyaratan untuk membuat visa pelajar ke korea selatan.

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir dan mengurus aplikasi visa di kedutaan Korea Selatan.

sudah siap?

Baca Panduan Membuat Visa

 

49 COMMENTS

    • Hai Shn12

      Kamu bsia datang kerumah sakit untuk melakukan pemeriksaan TB ya, kemudian kamu bisa minta surat keterangan kesehatan dari rumah sakit tersebut.

      • Apa ijazah yang sudah berbahasa inggir perlu Cap/legalisir dari Kedutaan Korea Selatan ( Appostile ) atau hannya cap/legalisir oleh Sekolah/Universitas ?

  1. Hallo kak. Klo mau apply visa D4 harus lampirin surat keterangan krj,SPT ga?? Apa kah dokument pendukung diperlukan? Selain yg ditulis di atas??

    • Hai Anti

      Sejauh ini tidak perlu melampirkan surat keterngan kerja/SPT.
      Tidak ada dokumen pendukung lainnya. Seperti yang diatas sudah cukup.

  2. Halo kak. Saya mau nanya.. Kan saya udah masuk tahun terakhir buat daftar s1 tp skrg saya lagi mengikuti jenjang perkuliahan di salah satu universitas ternama dimakassar. Apakah masih bisa buat saya untuk mendaftar beasiswa korea ini? Dan sebenarnya dari sekian banyak website yang saya buka, saya masih bingung batas pendaftaran tahun ini 2018 itu berakhirnya kapan? Dan mulainya kapan? Apakah ada gelombang kedua?

    • Hai, Diyah.

      Jika kamu mau mendaftar untuk jenjang S1 beasiswa KGSP kamu bisa mendaftar pada bulan September 2018 dan biasanya pendaftaran dibuka selama 1 bulan atau kurang.

    • Hai, Wiwid.

      Biasanya memakai visa pelajar (D2) atau jika kamu pertukaran hanya untuk belajar bahasa korea kamu bisa apply visa belajar bahasa (D4).

  3. apakah bisa ke korea mencari sekolah yang di inginkan terlebih dahulu dengan menggunakan visa kunjungan, setelah di terima di salah satu universitas atau tempat kursus lainnya bisa langsung di korea apply visa pelajar ?

  4. Hallo kak mau nanya,,,ini saya sudah dikorea dan bekerja disalah satu pabrik dikorea dgn memakai visa E9 ( visa bekerja) . Tapi disini saya juga kuliah disalah satu universitas dikorea dgn sistem online. Yg mau saya tanyakan kalo tahun depan saya pulang ke indo apakah saya bisa mengganti visa pelajar kak,,???

  5. Halo, mau nanya aku udah S2 di jepang n tertarik utk lanjut S3 di korea selatan. Bisa ngga dftr beasiswa KGSP lewat jepang? Atau harus dr Indonesia? Dan pendaftaran utk S3 itu dimulai dr kapan ya?

  6. Halo, mau nanya aku udah S2 di jepang n tertarik utk lanjut S3 di korea selatan. Bisa ngga dftr beasiswa KGSP lewat jepang? Atau harus dr Indonesia? Dan pendaftaran utk S3 itu dimulai dr kapan ya? Terima kasih.

  7. Halo ka, aku mau nanya kalo
    1.pas pembukaan pendaftaran aku udah jenjang s1 dibulan2 maret sedangkan ijazahnya keluar dibulan april, pdhl persyaratannya itu harus ada ijazah. Apakah aku masih boleh daftar dengan ijazah yang “menyusul (?)”.
    2. Untuk pendaftaran dibulan september itu dikhususkan untuk undergraduate saja atau bisa juga untuk program graduate (master).
    Terimakasih sebelumnya ^^

  8. halo kak saya ingin bertanya :
    1. Apakah KGSP tahun ini dibuka 2 gelombang untuk Master degree?
    2. Apakah yang sudah mendaftar KGSP dan gagal pada tahun lalu dapat diberikan kesempatan untuk mendaftar kembali?
    Terimakasih sebelumnya 🙂

  9. Hai ka,

    Aku mau nanya sekarang kan aku lagi kuliah di Univ swasta semester 4 untuk d3 kalau aku mau daftar kgsp berarti aku daftar untul associate atau yg S1 ya ka?

  10. Kak saya mau nanya soal syarat bukti keuangan terbaru, itu maksudnya minimal tabungan pribadi saya atau ortu mesti 20.000 usd? Which is in idr sekitar 200 jta

  11. Kak aku mau nanya
    1. Biaya pembuatan visa bukannya dari kgsp?
    2. Jika saya tidak punya tabungan sebanyak 20.000 usd berrti otomatis saya sudah gagal?
    Terimakasih😊

    • Hai Mutia

      kamu harus langsung datang ke kedutaan besar korea di Jakarta. tetapi kami sarankan kamu memiliki cap notaris diberkas kamu sebelum datang ke kedutaan besar korea.

  12. Kak mau tanyaa
    Klo diterima universitas korea s1 dg beasiswa penuh dr pihak universitas seperti kgsp(krn memiliki topik level 5) apakah harus memiliki bukti keuangan diatas $20.000????
    Terimakasih sebelumnya

  13. Halo kak.maaf yah aku bigung jadi aku pengen tanya nih.Sekarang kan umurku 15 thun aku msh kelas 10 sma apa bisa aku dapat beasiswa ini?
    Terus satu lagi ka.Apa aku harus punya visa yah??
    Tolong dijawab yah kak aku pengen tau.makasih kak 😊

  14. Hallo kak aku mau tanya aku rencana mau ambil program bahasa di korea satu tahun , pertanyaan nya saya apply visa d4 yg dibawah 90hari atau diatas 90hari ?
    Dan apakah semua berkas harus di translate seperti ijazah dan lainnya ?

  15. halo kak, saya mau apply beasiswa kgsp jenjang S2 tapi masih di tahap pembuatan skripsi, apa boleh mendaftar walaupun belum lulus kuliah? alasannya saya masuk kuliah sedikit terlambat karena sudah kerja terlebih dahulu. untuk batasanumurnya maksimal 25 tahun untuk jenjang S2 sedangkan saya akan berulang tahun ke 25 di februari 2019 ini namun kelulusan kuliah saya sekitar april-mei 2019, apakah masih bisa untuk mendaftar? jadwal pembukaan pendaftaran beasiswa kgsp 2019 kapan ya kak? terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here