3 Tips Agar Terhindar dari Beasiswa yang Tidak Sesuai

6
1535

Beberapa bulan lalu, tepatnya sekitar bulan Agustus-September 2016, muncul sebuah liputan berita dari salah satu stasiun televisi di Indonesia yang memberitakan tentang “korban” beasiswa yang tidak sesuai.

Jika teman-teman pembaca BeasiswaKorea.com cukup gencar melakukan “hunting” informasi beasiswa dari beberapa universitas di korea, teman-teman akan menemukan beasiswa yang sumber pendanaannya bukan berasal dan dikelola oleh lembaga seperti KGSP, KOICA, dsb.

Berdasarkan pengalaman kami, beasiswa ini dikenal dengan nama Research Scholarship dan kebanyakan ditujukan bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2/S3. Beasiswa ini biasanya dipublikasikan oleh pihak universitas melalui website resminya atau Professor yang memerlukan mahasiswa S2/S3 untuk membantu risetnya.

Sedangkan untuk jenjang S1 memang sangat jarang. Kalaupun ada, biasanya beasiswa tersebut merupakan beasiswa hasil dari kerjasama antar universitas.

Kali ini BeasiswaKorea.com akan memberikan tips agar teman-teman terhindar dari beasiswa yang tidak sesuai.

Pastikan Informasi Beasiswa yang dipublikasi

True or False Information
True or False Information via http://www.solvencyiinews.com/

Keinginan besar untuk mendapat beasiswa dan menempuh studi di luar negeri jangan sampai menghilangkan kewaspadaan kita ketika mendapat informasi peluang beasiswa yang ditemukan di dunia maya.

Teman-teman pembaca BeasiswaKorea.com bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Lakukan pengecekkan nama dan reputasi universitas yang tercantum melalui beberapa tautan berikut:
  2. Lakukan pengecekkan informasi beasiswa di website resmi universitas atau lembaga resmi beasiswa.
  3. Lakukan pengecekkan nama Professor di website resmi universitas (bagi pelamar S2/S3)
  4. Menanyakan langsung melalui email resmi (kepada pihak universitas atau Professor yang dicantumkan namanya). Email resmi institusi pendidikan korea biasanya memiliki domain berakhiran .ac.kr

Konfirmasi Detail Beasiswa yang akan Diterima

Konfirmasi Detail Beasiswa
Konfirmasi Detail Beasiswa via http://therealtimereport.com/

Beasiswa yang berasal dari lembaga resmi seperti KGSP akan menginformasikan kepada kita apa-apa saja yang akan di-cover oleh beasiswa tersebut. Bagi teman-teman yang mencari beasiswa lain, ada baiknya memastikan detail informasi dari beasiswa yang akan diberikan.

Detail beasiswa yang dimaksud disini bukan hanya besaran beasiswa yang akan diterima saja. Tetapi pastikan juga apa-apa saja yang di-cover dan apa-apa saja yang TIDAK di-cover.

Berdasarkan dari beberapa kasus nyata yang kami ketahui, teman-teman yang menjadi “korban” beasiswa yang tidak sesuai, sebagian besar hanya melihat besaran beasiswa yang akan diterima saja. Jika kita konversikan kedalam Rupiah, beasiswa tersebut akan terasa sangat besar.

Tetapi jika kita melihat standar biaya hidup di Korea, kita harus benar-benar mempertimbangkan dengan baik besaran beasiswa yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa yang perlu dipastikan dari beasiswa yang akan kita terima :

  1. apakah beasiswa akan meng-cover Tuition Fee setiap semesternya ? Jika iya, untuk berapa lama ?
  2. apakah beasiswa akan meng-cover biaya hidup bulanan dengan perhitungan wajar dan layak ?
  3. apakah beasiswa akan meng-cover biaya-biaya lain yang dikeluarkan oleh kita seperti: Visa, Tiket pesawat, Asuransi Tahunan, Pengurusan Alien Card, dll ?
  4. apakah beasiswa akan diberikan langsung ketika kita sudah tiba ? atau diberikan setelah sekian bulan ?
  5. apakah kita sebagai penerima beasiswa memiliki kewajiban yang perlu dipenuhi ?

Bertanya Kepada Teman-teman yang Sudah Memiliki Pengalaman

Bertanya Kepada Teman-teman yang Sudah Memiliki Pengalaman
Bertanya Kepada Teman-teman yang Sudah Memiliki Pengalaman via http://mostlychelsea.com/

Saat ini rasanya tidak sulit mencari informasi seseorang yang memiliki pengalaman tertentu seperti pengalaman studi di luar negeri. Cukup dengan melakukan Googling dengan kata kunci yang sesuai, kita akan menemukan blog atau sosial media orang yang kita harapkan.

Hal yang sama bisa kita lakukan ketika mencari seseorang yang memiliki pengalaman studi diluar negeri. Dengan mendapatkan informasi seperti akun sosial media atau emailnya, kita bisa menghubungi orang tersebut. Jangan lupa untuk menghubungi orang tersebut dengan kalimat atau pesan yang layak ya…

Dengan begitu, kita bisa bertanya banyak hal dan mendapatkan jawaban yang berdasarkan pengalaman nyata dari orang-orang yang telah memiliki penagalaman.

Dari jawaban tersebut kita juga bisa terhindar dari beasiswa-beasiswa yang tidak sesuai.

Semoga artikel “3 Tips Agar Terhindar dari Beasiswa yang Tidak Sesuai” ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman pembaca BeasiswaKorea.com.

Selamat berjuang mencari beasiswa.

 

 

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here