Akhirnya Beasiswa Undergraduate KGSP 2018/2019 dibuka juga !

140
17911

Akhirnya info beasiswa KGSP 2018/2019 untuk Associate Degree dan Master Degree resmi dibuka.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang D2 dan S1 atau ingin melakukan penelitian di Korea Selatan, silahkan daftar beasiswa KGSP ini.

Berikut Informasi singkat mengenai Beasiswa KGSP Undergraduate 2018/2019.

Jalur Pendaftaran Beasiswa

Oke, sekarang kita mulai saja dari informasi pertama, yaitu jalur pendaftaran beasiswa KGSP 2018 untuk Associate Degree dan Master Degree ini.

Jalur pendaftaran dibagi menjadi dua, yaitu via Embassy (kedutaan besar) dan via Universitas yang dituju.

Kuota yang diberikan untuk setiap jalur pun berbeda.

Penerima beasiswa melalui jalur embassy diberikan kepada 3 (tiga) orang penerima saja,

sedangkan yang mendaftar melalui universitas diberikan kepada 25 (dua puluh lima) orang penerima beasiswa dari 67 negara termasuk Indonesia. Pendaftaran melalui jalur universitas dikhususkan untuk kamu yang mendaftar jurusan Natural science and engineering.

Quota Beasiswa Korea untuk Beasiswa KGSP

* ? : Belum ada quota pasti.

Meskipun sudah disebutkan jumla kuota masing-masing jalur, namun jumlah kuota itu belum pasti. Berdasarkan pengumuman dari tahun ke tahun, jumlah penerima selalu bertambah saat di akhir pengumuman. Ini menunjukkan jumlah kuota akan bertambah saat masa pendaftaran, tergantung dari berapa banyak yang mendaftar beasiswa KGSP 2018/2019.

Informasi kampus mana yang termasuk regional dan non-regional bisa kalian temukan di buku panduan pendaftaran beasiswa KGSP 2018/2019

Program yang di tawarkan.

Program ini menawarkan gelar sebagai berikut :

  1. Associate Degree (Diploma 2 (D2))
  2. Bachelor Degree (Strata 1 (S1))

Deadline pendaftaran.

Deadline pendaftaran beasiswa KGSP 2018/2019 Undergraduate ini dari awal September sampai akhir Oktober,

Kami harap kamu memperhatikan waktu pendaftaran ini agar kamu bisa memanfaatkan waktu untuk melengkapi semua persyaratan kamu.

Apalagi sampai berfikiran “ Ah.. masih lama, nanti saja pertengahan september nyiapin semuanya..”.

Kalau punya fikiran seperti itu, cepat buang jauh-jauh deh fikiran itu..

Kamu bakalan kehilangan kesempatan jika tidak memulainya secepat mungkin, tentunya tidak melupakan ketelitian dalam mempersiapkan berkas kamu ya !

Deadline Pendaftaran via embassy

Saat ini website kedutaan Korea selatan di Indonesia belum mengumumkan informasi secara resmi kapan pendaftaran beasiswa KGSP 2018/2019 via embassy ini akan di buka.

Deadline Pendaftaran via Universitas.

Jalur ini memiliki deadline pendaftaran yang bervariasi.

Berdasarkan contoh tahun lalu,

Jika kamu ingin mendaftar Korea Univeristy, pendaftaran baru akan di buka tanggal 6 februari 2017 dan akan di tutup pada tanggal 3 Maret 2017.

Hal ini berbeda kalau kamu ingin mendaftar ke Yonsei University, yang membuka pendaftaran bersamaan dengan pengumuman dari NIIED yaitu tanggal 1 February 2017 dan akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2017.

Contoh ini berdasarkan guideline pendaftaran beasiswa KGSP Graduate. Kami sudah mencoba mencari informasi di web beberapa kampus dikorea. sangat diayangkan sekali hampir semua universitas belum memberikan informasi secara detail di websitenya.

jadi, gamabr dibawah ini hanya sebagai pengingat untuk kamu agar tidak sampai telat mengirimkan formulir pendaftaran. masa pendaftaran setiap kampus yang kamu pilih pasti akan berbeda jika kamu memilih jalur universitas.

Yonsei University, Korea University via Beasiswa Korea
Yonsei University, Korea University via Beasiswa Korea

Baca juga : 3 Tips agar terhindar dari beasiswa yang tidak sesuai. 

Bukan cuma itu saja, setiap kampus juga memiliki ketentuan mereka masing-masing.

Kalian bisa melihat ketentuan yang diberikan oleh Yonsei University bagi para pendaftar yang ingin kuliah dengan jurusan bisnis.

Yonsei University tidak menerima pendaftar dengan jurusan bisnis dengan jalur Universitas.

Kalau kamu ingin kuliah di Yonsei University dengan jurusan bisnis, kamu harus mendaftar melalui jalur embassy.

sekali lagi, perhatikan aturan dan syarat yang diberikan oleh masing-masing Universitas ya …

Persyaratan pendaftaran.

Ini perlu diperhatikan dengan baik, karna persyaratan untuk setiap jenis program yang akan kamu pilih TIDAK SAMA pada setiap kampusnya.

Persyaratan sepele tapi berdampak besar terhadap keberhasilan aplikasi beasiswa kamu penting diperhatikan, misalnya batas umur pendaftar.

tentunya kamu gak mau dong, udah nyiapin segala berkasnya.

ternyata kamu sudah melewati batas umur yang sudah ditetapkan oleh pihak NIIED.

dan kamu otomatis sudah dianggap GUGUR.

kalau kamu menemukan ketidaksamaan antara tulisan kami dan guideline beasiswa KGSP 2018, ikuti saja aturan yang ada di guideline terbaru .

Baca juga : Cara mudah belajar grammar bahasa inggris.

Persyaratan Dokumen

Berikutnya adalah persyaratan berkas atau dokumen. jika dibahas disini artikelnya akan terlalu panjang dan kami khawatir kamu akan kehilangan fokus untuk membaca panduannya dengan detail.

Oleh karena itu, bagian ini akan kamu temukan dalam panduan beasiswa KGSP yang akan dibahas secara detail. Di Panduan tersebut kamu akan diberikan juga tips dan trik cara mempersiapkan dokumen supaya tembus beasiswa KGSP.

Oh iya sebelum kita  akhiri tulisan kali ini,

Penting untuk di perhatikan saat mendaftar,

mendaftarlah via embassy atau via Universitas saja ya..

pilih salah satu…

Karna sesuai dengan aturannya, jika mendaftar jalur embassy dan jalur universitas secara bersamaan kamu akan langsung dinyatakan GUGUR.

Yang kedua,

Segala berkas, dokumen, ataupun persyaratan yang berhubungan dengan beasiswa KGSP 2018/2019 graduate program ini harus diterjemahkan kedalam bahasa inggris atau Korea.

Kamu juga bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah beasiswa korea dengan mengirimkan berkas kamu ke email ke info.beasiswa.korea@gmail.com

Sekian info singkat mengenai beasiswa KGSP yang resmi dibuka.

jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini silahkan baca panduan-panduannya.

Kamu akan mendapatkan informasi lebih lengkap bagaimana mendaftar beasiswa KGSP dan kamu juga dapat mendownload formulir pendaftaran beasiswa KGSP dalam panduan tersebut.

Silahkan ikuti panduan ini agar kamu bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai beasiswa KGSP

Sudah siap?

Mari kita mulai

Baca Panduan Beasiswa KGSP 2018/2019

 

140 COMMENTS

  1. Min mau tanya, kan untuk ke embassy itu kan ada 1 dokumen original dan 3 dokumen copy an, nah untuk surat rekomendasi itu gimana ya? kan pas kita minta surat rekomendasinya kan di stempel dan di sealed ya, nah fotokopinya gimana dong?
    terus untuk proof citizenship yang orangtua dan kita itu harus ngumpulin KK, akta, ama KTP atau milih salah satu aja? (semisal buat yang kita pake paspor terus buat yang orangtua pake KK atau KTP gitu)
    makasiiih

    • Untuk masalah surat rekomendasi, sebaiknya dari sejak awal disampaikan jika novii memerlukan copy-an-nya juga. sehingga sebelum di sealed, novii sudah mendapatkan copy-nya.

      Untuk proof citizenship disarankan KTP, KK dan AKTA disiapkan saja semua sehingga ketika diperlukan, semuanya sudah siap. Usahakan juga ketiga surat tersebut sudah disiapkan terjemahan bahasa inggrisnya (oleh penerjemah tersumpah).

      Semoga membantu

  2. halo, slmt mlm. halo mau mendaftar via universitas tapi di dua universitets yg berbeda langsung bisa kah? secara kalau via embassy kan bisa 3 universitas. Trus kalo via universitas dokumen yang original itu juga harus disertakan kah? dan sempet baca diwebnya orang document original itu maksudnya bukan asli tp yang Judah ditranslate dan dilegalisir sama notaris ya? thankyou

    • Selamat malam juga clarissa. Untuk masalah pendaftaran via universitas sepertinya perlu dicek kembali apakah bisa mendaftar 2 universitas dalam waktu yang bersamaan.

      Dokumen original (dalam bahasa indonesia) cukup disiapkan tetapi yg perlu disertakan adalah dokumen yang sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris (karena pihak univ. Hanya bisa memahami sebuah dokumen dalam bahasa inggris)

      Semoga membantu

  3. Terkait document yg Sudah berbahasa ingris (Akta lahir + passpor)Apakah harus di sahkan dinotaris lgi min?

    Jika translate ijazah kita dari pihak kmpus. Copy udah di legalisir . apakah hrus notaris lgi min?

    Terimakasih

      • kalau akta lahir, kk, dan ktp sudah di translate sama sworn translator, perlu di notaris juga min?
        yang 2017 gak bisa pake toefl itp yaa? :'(

        • Yups, Masih perlu karena saat pemeriksaan berkas di kedutaan korea untuk pengecapan Appostile, pihak kedutaan akan meminta kamu untuk mngecap berkas dengan cap notaris.

          Iya, Tahun 2017 udah enggak nerima TOEFL ITP lagi berdasarkan guideline terbaru.

          Semoga membantu 🙂

        • Yups, Masih perlu karena saat pemeriksaan berkas di kedutaan korea untuk pengecapan Appostile, pihak kedutaan akan meminta kamu untuk mngecap berkas dengan cap notaris.

          Iya, Tahun 2017 udah enggak nerima TOEFL ITP lagi berdasarkan guideline terbaru.

          Semoga membantu 🙂

    • Selamat malam, aku masih belum begitu mengerti untuk beasiswa kgsp yang di translate ke bahasa Inggris itu seperti apa dan dimana. Lalu untuk program S2 2018 kira-kira kapan dapat di siapkan. Dan TOEFL dapat di lakukan di Indonesia? Terima kasih

      • Hai Melly,
        Berkas yang di translate ke bahasa inggris adalah ijazah, transkrip nilai, akte kelahiran. Berkas-berkas tersebut harus kamu terjemakan ke dalam bahasa inggris melalui Penerjemah tersumpah. Jika kamu membutuhakan info lebih lanjut tentang penerjemahan berkas melalui beasiswakorea.com, silahkan kirimkan email ke info.beasiswa.korea@gmail.com. Kemudian, Program S2 akan dibuka sekitar februari dan maret 2018. kamu bisa melakukan tes TEOFL di Indonesia.

  4. Halo selamat malam, mau tanya kalo misalnya surat rekomendasinya tidak di stempel dan di stealed gapapa kan yaa? soalnya dr kampus hanya dikasih signature dr dosen yg bersangkutan aja..
    makasih 🙂

    • Iya engak apa apa kak, asalkan di belakang amplop nya di tanda tanganin juga di bagian ujung amplop. jadi kalau gk di seal seperti itu surat rekomendasinya gak di anggap sah.

    • Surat rekomendasi harus di stempel/ditanda tangani basah oleh pemberi beasiswa kemudian di masukkan kedalam amplop dan harus di stempel/ tandatangani basa di bagian belakang ujung amplop .

    • Surat rekomendasi harus di stempel/ditanda tangani basah oleh pemberi beasiswa kemudian di masukkan kedalam amplop dan harus di stempel/ tandatangani basa di bagian belakang ujung amplop .

  5. halo selamat malam, mau tanya ni kalau untuk surat rekomendasi itu kalau tidak di cap, tapi ada ttd, apa di amplop surat harus di cap dan ttd juga ? kalau di ttd juga apa bisa? terus untuk transkrip nilai apakah jg perlu di masukin amploap yang ada capnya juga ? tks

    • Hi Pipit.

      yup betul , di surat maupun di amplop harus di cap atau ttd.

      bisa kok kalau cuma ttd aja, asalkan ttdnya melewati garis penutup amplopnya.

      Gak perlu dimasukin ke dalam amplop yang ada capnya untuk transkirp.

      tapi, semua berkas harus di gabungkan menjadi satu bagian dalam satu amplop.

  6. Halo,
    maaf mau tanya untuk ijazah dan KK yang hasil sworn translator itu nanti dicap notaris juga y? kemudian dikirimkan ke pihak penyelenggara?
    terimakasih

    • Hi Atika

      Masih perlu karena saat pemeriksaan berkas di kedutaan korea untuk pengecapan Appostile, pihak kedutaan akan meminta kamu untuk mngecap berkas dengan cap notaris.

      kecuali kamu gak mau cap appostile

      • oh jadi gini, ini yg saya paham :

        1. di amplop original kita berisi application form,dkk + KK, ijazah sworn translator original yg mana memuat 2 cap dalam 1 doc itu.

        2. di amplop copy kita berisi berkas pendukung yg sudah di copy 3x termasuk yg sworn translator dan sudah dilegalisir notaris.

        begitu kak?

        • Hi Atika,

          Saat ini kedutaan mensyaratkan hanya mengirimkan satu berkas orinigal copy saja, jadi kamu hanya perlu mengirimkan original copy semua persyaratan mendaftar beasiswanya ya.

          Kamu harus mengirimkan semua berkas dengan cap basah ya, gak ada tuh copy2 an lagi untuk tahun 2017.

          semoga membantu 🙂

          • saya mau tanya di kolom Employment or Professional Research Experience itu diisikan dengan pengalaman kerja atau riset kan ya? itu perlu dibuktikan dengan SK begitu kak?

  7. Min, saya mau tanya, di peraturan KGSP 2017 kan katanya hanya satu documents original, tidak usah menyertakan 3 fotokopiannya, itu mksdnya gmna yaa?? Soalnya kan biasanya kita ngirim 4 dokumen ke embassy. Mohon pencerahannya

    • Hi Yesika
      Iya dulu memang kita harus mengirimkan 4 dokumen yang berisikan 1 original dan 3 copy original. Namun sekarang pihak kedutaan hanya memberikan persyaratan kirimkan 1 document yang original saja. so, kita ikutin aja apa maunya keduataan. Karena persyaratan untuk tahun 2017 cuma diminta mengirimkan 1 original copy saja.
      semoga membantu 🙂

      • Iya min, terimakasih yaa. Saya ada beberapa pertanyaan lagi min,
        1. Saya punya serfifikat IELTS, itu yang dikiirm hanya salinan nya kan? Bukan sertifikat aslinya?
        2. Dan untuk surat rekomendasi, kan ada tertulis 2*4, itu mksnya 4 kali di fotocopi dan 2 yg ttd basah ya min? Dan delapan delapannya harus pake amplop yg di sealed di belakang penutup amplop? ya min?
        3. Terakhir min, deadline kan tgl 10, itu deadline berkas sampai di embassy atau deadline pengiriman?
        Terimakasih banyaaak min

        • Hi, Yesika
          1. Biasanya sih salinan asli, dan pihak IELTS pasti langsung mengirimkan hasil tesnya kepada pemberi beasiswa.
          2. Kalau dilihat dari Intruksi sih seperti itu, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengajukan pertanyaan kamu ke pihak kedutaan.
          3. Kalau mengacu ke aturan yang diberikan oleh kedutaan, berarti harus sampai di keduataan maksimal tanggal 10. atau biar lebih yakin bisa kontak pihak kedutaannya langsung yaaa.

          Semoga membantu.

  8. Halo min, mau nanya nih
    1.Jadi min dokumen yang dikirim itu satu aja yang telah dilegarisir dan ditranslete, ya? Berarti cuma satu amplop saja ya?Dan yang asli gk usa dikirim yahyah?
    2.min saya pernah baca di blog lain, kalau nilai rapornya harus dikonversikan ke nilai 1-4 , itu bisa kita transkipkan ke sworn translator terus di translete disana jugakan min? Dan yang dikirim yang di regalisir di notaris ajakan min?
    3.kalau cara pemilihan jurusannya dan pilih universitasnya bagaimana caranya min?
    4.min surat rekomendasinya boleh kota ketik sendiri terua di ttd sama pihak, misalnya kepala sekolah gitu boleh min?
    5.sama mau nanya tentang janji NIIED,itu apa ya min? Soalnya saya baca di blog lain harus pake janji NIIED, min.
    6. Min itukan penutupan pendaftarannya bulan april ya min?
    Tapikan kita belum nerima ijazah, skhun aja belom nerima min?
    7. Min apa pendaftaran kgspnya memiliki kertas formulir pendaftaran? Kalau ada dimana kita bisa mendapatkanny?
    Min maaf banyak pertanyaannya soalnya saya masih bingung banget, min tolong di balas ya

    • Hi Novia.

      Wah sepertinya kamu perlu baca artikel artikel tentang KGSP yang ada di website beasiswakorea lagi nih, karena jawababnnya ada disana semua hehe.

      1. betul yang dikirim yang fotokopian yang sudah dilegalisir dan di translate ke bahasa inggris.
      2. perlu atau enggaknya tergantung dari beasiswa KGSP untuk s1 nanti yang akan dibuka waktu bulan september atau oktober.
      3. Pemilihan jurusan dan universitasnya kamu bisa melihat list universitas dan jurusan di guideline KGSP atau mengunjungi universitas yang kamu mau daftar. Hayoo udah di download belum panduannya ?:p
      4. tergantung si pemberi surat rekomendasi, kalau memang sang pemberi rekomendasi tidak mempermasalahkan seperti itu ya enggak apa apa hehe.
      5. ini sepertinya kamu bener bener belum baca artikel kita, padahal jelas bnget kita udah pernah nulis, *sedih*
      6. Kan ini untuk yang mau lanjut s2, yang s1 nanti september atau oktober
      7. Bisa di download di bagian bawah artikel ini loh, mimin kan cantumin formulir dan guidelinenya 🙁

      semoga membantu ya

  9. Kak mau tanya, untuk undergraduate program itu kan masih dibuka sekitar bulan September, nah kalau misalnya bulan septembersudah diterima di Universitas yang ada di Indonesia apa kita masih bisa ikut atau daftar KGSP untuk Undergraduate pogram tersebut. Terima Kasih

    • Hi Zesika,

      Iya nih , untuk pendaftaran beasiswa kGSP jenjang Master dan Doktor sudah ditutup.

      kalau kamu mau daftar untuk jenjang S1, pendaftaran baru akan di buka sekitaran bulan september.

      semoga membantu 🙂

  10. min ak mau tanya batas umur untuk yg undergraduate itu brapa ? umurku 24 dan mei besok mau 25 apa masih bisa ? 🙁 tapi ak lulusan d3 gmna min ? mohon jawabannya min ak pengen banget ikut beasiswa ini terimakasih

    • Hai Ratna

      Secara Umur kamu masih bisa. untuk alih jenjang gk bisa daftar beasiswa KGSP 2018 untuk undergraduate. mungkin km bisa daftar sebagai anak SMA lagi.

      Semoga membantu ^^

  11. Kak, saya mau tanya. Pendaftaran program undergraduate kan dibuka Bulan september-oktober, di waktu waktu itu misalnya saya udah diterima di universitas domestik dan ngurusin pendaftaran kgsp sambil kuliah. Nanti kalau ternyata saya keterima di kgsp, saya harus drop out atau minta izin pindah kuliah atau gimana kak? Makasih.

    • Hai Ghania. Kalau untuk pindah kuliah sepertinya gak bisa deh. Karena KGSP tidak mengizinkan untuk pindah kredit. Kemungkinan kamu ya harus keluar dari Universitas kamu.
      TAPI, sebelum kamu keluar dari kampus domestik, kamu harus benar benar pasti keterima di beasiswa KGSP dulu ya.

      Semoga membantu 🙂

  12. Ka, aku mau tanya.. kalau daftar lewat universitas, wawancaranya pakai hahasa inggris/korea? Apa nanti kita ditanya mau bahasa korea apa bahasa inggris? Mksh

  13. Kak aku pengen nanya beberapa yang tidak aku ketahui mengenai KGSP .

    1. saat ini aku sudah semester 6. Dan Insyaallah tahun depan bulan agustus udah wisuda. Setelah wisuda, aku pengen banget daftar beasiswa KGSP. Kata temen kalau pengen dapat beasiswa KGSP harus punya sertifikat TOPIK ya? apakah TOPIK itu wajib?

    2. Sekarang aku kuliah di jurusan Sastra Inggris menurut kakak, jurusan apa yang bagus aku ambil untuk S2?

    3. Kalau aku lulusnya di tahun 2018 (Agustus), apakah ada pendaftaran Beasiswa KGSP di bulan September, oktober, november? atau harus nunggu tahun 2019?

    4. Sertifikat yang saat ini aku punya masih TOEIC. Rencana setelah KKN baru ikut TOEFL atau IELTS. Seberapa penting sertifikat ini kalau aku pengen daftar beasiswa KGSP?

    5. Pentingan mana TOPIK atau TOEFL/IELTS?

    6. Menurut kakak, harus atau nggak aku konsultasi sama PA (Penasehat Akademik) aku tentang beasiswa ini?

    • Hai Khairunnisa

      1. Sebenernya tidak wajib, karena di persyaratan ditulis Optional, tapi jika ada lebih baik.
      2. Untuk S2 sesuai minat kamu, atau kamu bisa memebaca artikel “cara memilih jurusan yang tepat” yang ada di menu info kore ^^
      3. Kalau kamu ingin mendafatar beasiswa KGSP untuk Master degree, kamu harus menunggu bulan february atau march ya
      4. Kita harus pahami bahwa semua persyaratan yang di syaratakan itu penting, jadi persiapakan yang terbaik yang kamu bisa ya
      5. dua dua nya penting
      6. Boleh saja, jika menurut kamu perlu

      semoga membantu ^^

  14. Kak mau tanya.. Kriteria yang diterima beasiswa kgsp itu calonnya harus mempunyai suatu kemampuan khusus atau pernah mengikuti kejuaraan gtu gak? Atau hanya cukup bisa topik lvl tinggi atau toefl lvl tinggi sja?
    Dan saya mau tanya soal beasiswa s2 disana kirakira kuotanya berapa ya kak? Mohon jawabannya terimakasih..

    • Hai Widya,
      Kriteria yang paling tepat adalah kriteria yang sesuai dengan visi dan misi KGSP. Untuk kuota tiap tahunnya berubah berubah. Biasanya sih 10.

  15. Kak aku mau nanya soal recomendetion kan dimintanya 2*4 jadi ada 8 surat ..
    itu semua y d amplopin terpisah jadi ada 8 amplop atau jadiin 4 amplop ? 2 amplop isinya satu-satu dan sisanya isinya 3 ?

  16. Hai Widya

    Kriteria yang di terima oleh KGSP itu yang sesuai dengan Visi Misi kenapa KGSP itu dibentuk.
    Kuota bisa bertambah bisa berkurang, tapi range nya antara 10-20

    Semoga membantu ^^

  17. selamat pagi, Admin saya mau tanya nih.
    1. Untuk surat rekomendasi apakah menggunakan b. inggris juga?
    2. Study Plan apakah juga menggunakan B. inggris?
    3. untuk visa apakah kita bikin sendiri atau sudah di sediakan dari pihak embassy?
    4. Tahapan tes universitas apakah hanya wawancara saja atau ada semacam tes tulis juga?

    saya berniat mengikuti beasiswa ini , saat ini saya sudah semester 5 . saya berniat mempersiapkan semua yang dibutuhkan jauh-jauh hari agar tidak aa yang kurang saat pemberkasan.
    trims

    • Hai Ratih,
      Semua berkas wajib dalam bahasa inggris atau korea ya. Tidak ada tes tulis untuk mendapatkan beasiswa KGSP. wawancara dalam beasiswa KGSP (jalur universitas) tergantung universitas yang dipilih.

  18. kak mau tanya, saya sedang berusaha mempersiapkan beasiswa KGSP untuk tahun 2018 depan.
    saya lihat diatas katanya KGSP sudah tidak menerima TOEFL ITP lalu sekarang menggunakan apa?
    lalu apakah memang beasiswa graduate sama undergraduate itu berbeda?
    saya masih bingung dengan surat rekom, pemahaman saya itu rekom diberikan oleh 2 orang lalu dicopy 4kali permasing-masing rekom, trus semuanya di ttd basah sama stempel. lalu jika dosen saya tidak punya stempel bagaimana kak?

    • Hai Hana

      Sekarang KGSP menggunakan TOEFL IBT atau IELTS. Betul sekali, beasiswa graduate dan undergraduate itu berbeda.Graduate untuk master (S2) dan doktoral (S3) sedangkan Under graduate untuk strata satu (S1).

      Jika Dosen kamu tidak memiliki stamp, Dosen kamu bisa menandatangani basah ujung amplopnya.

  19. maaf kak maksud pertanyaan saya yang nomer 2 itu apa beda waktu pembukaannya? trus kalau untuk tahun 2018 apa tanggal pembukaannya sama dengan tahun 2017 untuk beasiswa s2?

    terima kasih kak mohon dikasih pencerahan…

    • Hai Hana

      Yup, pembukaannya berbeda, Graduate di sekitar bulan February atau March sedangkan Undergraduate sekitar bulan september-oktober.

  20. Hello Min,

    Inysallah untuk tahun 2018 yang akan datang, saya ingin mencoba untuk apply beasiswa KGSP ini. Nah overall saya sih sudah baca buku panduan beasiswa KGSP yg tahun 2017, tapi masih ada beberapa hal yang masih mengganjal dalam hati yang ingin saya tanyakan, antara lain:

    1. Saya tahu bahwa TOEFL / TOPIK itu optional, tapi kalau saya mau coba memasukkan jenis language proficiency EPT (English Proficiency Test) apakah boleh? Mereka bilang bahwa EPT ini adalah TOEFL Prediction (yg hasil/nilai nya itu masih 500-an)
    2. Untuk Proof of Citizenship saya dan orang tua, bolehkah menggunakan copy passport saja? (bukan Akta, KK, atau KTP). Karena untuk mengurangi biaya translate dokumen ehehe
    3. Di kolom komentar sebelumnya, saya melihat percakapan bahwa dokumen yang dikirimkan nantinya cukup satu bundel / satu set saja sejak tahun 2017, apakah itu benar? Karena setahu saja di buku banduan pun yang diminta satu set dokumen asli + 3 rangkap dokumen copy (untuk yg post graduate jalur kedubes)
    4. Saya tadi melihat ada istilah sworn translator untuk instansi penerjemah, tapi istilah tersebut tidak saya temukan dalam buku panduan. Jika saya mentranslate dokumen dari instansi pusat bahasa dikampus saya, apakah nantinya dapat di-recognize oleh pihak pantia?

    Sekian dan terimakasih

    • Hai Auzan

      1. Saya tahu bahwa TOEFL / TOPIK itu optional, tapi kalau saya mau coba memasukkan jenis language proficiency EPT (English Proficiency Test) apakah boleh? Mereka bilang bahwa EPT ini adalah TOEFL Prediction (yg hasil/nilai nya itu masih 500-an)
      Sebenernya kamu masukin EPT tidak apa apa, tapi sampai saat ini kami belum tau pengaruh pemberi EPT terhadap tingkat keberhasilan beasiswa. Coba di cek lagi panduan beasiswa KGSp 2017, apakah disana tertulis ETP, jika iya, dengan memasukkan ETP dalam berkas kamu akan menambah nilai kamu untuk mendapatkan beasiswa.
      2. Untuk Proof of Citizenship saya dan orang tua, bolehkah menggunakan copy passport saja? (bukan Akta, KK, atau KTP). Karena untuk mengurangi biaya translate dokumen ehehe
      Menurut Panduan sepertinya boleh, tapi lebih baik akta dan KK saja. KTP tidak perlu.
      3. Di kolom komentar sebelumnya, saya melihat percakapan bahwa dokumen yang dikirimkan nantinya cukup satu bundel / satu set saja sejak tahun 2017, apakah itu benar? Karena setahu saja di buku banduan pun yang diminta satu set dokumen asli + 3 rangkap dokumen copy (untuk yg post graduate jalur kedubes)
      Untuk memastikan aturan yang di minta kedubes, kita harus sering sering buka website kedubes. Karena aturan mendaftar beasiswa KGSP tiap tahunnya bisa saja berubah.
      4. Saya tadi melihat ada istilah sworn translator untuk instansi penerjemah, tapi istilah tersebut tidak saya temukan dalam buku panduan. Jika saya mentranslate dokumen dari instansi pusat bahasa dikampus saya, apakah nantinya dapat di-recognize oleh pihak pantia?

      Sepertinya bisa saja, tapi lebih baik di sworn translator.

      Semoga membantu ^^

  21. Halo miminnn. Min aku kan jurusan farmasi mau lanjut apoteker dan S2 di korea. Apakah ada jurusan pharmaceutical science yaa? Tahun ini aku tamat S1 farmasi mau lanjut apoteker dulu. Gimana ya min. Mohon bantuannya.

    • Hai Fita

      Ada dong, namun namanya saja yang sedikit berbeda. kamu bisa menemukan kampus mana aja yang memiliki jurusan farmasi di guideline yang ada di bagian link penting artikel ini ya

  22. Halo min, saya mau nanya.
    1. Untuk KGSP ini butuh LoA nggak yah dari universitas yang dipilih? Kayak beasiswa-beasiswa dari Indonesia? Atau kita hanya perlu berhubungan dengan embassy aja?
    3. Wawancara dengan NEIID itu langsung di embassy, atau via skype?
    2. Ada test khusus nggak dari universitasnya, seperti wawancara via skype dengan pihak universitas?
    3. Untuk English Proficiency pake TOEIC boleh nggak ya? Soalnya yang populer untuk beasiswa luar negeri biasanya TOEFL atau IELTS.
    Terima kasih sebelumnya min 🙂

    • Hai Nana

      1. Kita tidak perlu LoA untuk mendaftar beasiswa KGSP ini, justru dengan kamu berhasil mendapakan KGSP, kamu secara otomatis sudah diterima di Universitas yang kamu pilih.
      2. Kalau wawancara, akan dilaksanakan oleh pihak embassy secara langsung.
      3. Tidak semua universitas mengadakan skype interview, ada juga yang via telp dan ada juga yang tidak ada wawancara.
      4. Lampirkan saja, sebagai bahan penunjuang bahasa ^^

  23. halo mimin mau tanya, (1) untuk surat rekomendasi apakah harus ada kop surat nya ? Bisakah diberikan secara pribadi oleh dosen (tanda kop surat) ? Berhubung saya blum bisa buka guidelines nya, apakah surat rekom ini ada aplikasi form resminga yg bisa kita unduh atau kita buat sendiri ? (2) katanya TOEFL itu optional ya, artinya tidak wajib dilampirkan sebagai syarat pendaftaran atau gimana ? Setahu saya tahun ini TOEFL atau IELTS itu sudah syarat wajib ? Terima kasih bnyak mimin ^^

  24. Hai Risli

    1. Surat rekomendasi untuk beasiswa KGSP memiliki format sendiri. So, kamu bisa mendapatkan formatnya di dalam guideline
    2. untuk tahun 2018 sih kita belum tahu ya. karena pengumuman resminya belum dibuka. semoga sih masih optional.

  25. Halo

    kak aku mau tanya tentang ini, aku mau coba KGSP 2018 ini bulan februari
    1. aku statusnya blm lulus, tp akan lulus dn wisuda july, jadi yang di lampirkan bukan ijazah tapi keterangan akan lulus?
    2. jadi yang di terjemahkan+notariskan hanya : akta,KK,ijazah aja kan ya
    3. apakah jalur embassy juga membutuhkan apostil (cap dubes korea)?
    4. Yang dipersiapan sebaiknya TOEFL PBT atau TOFL ITP atau IELTS ?

    Thank you kak

  26. Halo Min, saya mau nanya
    untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan s2 namun belum lulus di bulan Februari apakah bisa mendaftar KGSP? karena target wisuda bulan Juni mendatang. Lalu bagaimana dengan ijazah s1 karena bulan februari-maret itu belum ada ijazah.
    Terima Kasih.

    • Hai Novita

      Surat perjanjian NIIED sudah ada formatnya sendiri. dan itu sudah jadi satu dengan yang formulir lainnya.

  27. Saya mau tanya, apakah belum ada pengumaman resmi dari Kedubes Korea di Indonesia terkait KGSP graduate 2018 ya? Deadline pengiriman berkas dan jumlah berkas yang dikirim? Krn dicek belum ada juga.

    Lalu, apakah ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir pihak universitas masih perlu disahkan notaris?

    Terima kasih…

  28. Selamat malam min. Saya mau tanya nih, walaupun saya sudah baca artikel2 yg memuat tentang kgsp juga saya masih agak ragu dan bingung.
    1) TOEFL dan TOPIK itu apakah wajib? Soalnya saya liat di artikel lain ada yg menyebutkan wajib
    2) biasanya kalau diwawancara itu yang ditanya apa aja ya min?
    3) saya seorang atlit beladiri, jika saya mencantumkan sertifikat2 saya apakah berpengaruh min? Soalnya kan tidak berhubungan dengan akademik, apakah akan menambah poin? Terimakasih(:

    • Hai, Vanesa.

      1. Memang tidak wajib. tetapi lebih bagus jika ada.
      2. Tergantung pewawancara, kami tidak dapat memastikan apa yang ditanyakan saat wawancara. tetapi biasanya mengenai pribadi kamu atau studyplan kamu.
      3. Kamu bisa menyertakan sertifikat kamu. lebih baik jika yang berhubungan dengan akademik.

  29. HALO KAK, untuk persyaratan pendaftarannya kan dimintai translate ijazah, sedangkan pada bulan maret ijazah saya belum keluar dan baru saja menyelesaikan UN. Saya sudah mempersiapkan toefl,paspor, akte/kk, tapi saya masih bingung dg ijazah ini..

    note: pesan dari saya SMA KLS 11 yang bentar lagi naik kls dan UN
    Terima Kasih hehe..

  30. trimakasih untuk informasinya 🙂 mau tanya, *untuk program s2, setelah diterima dan belajar di korea, apakah ada syarat nilainya? misalkan selama kuliah harus peringkat sekian keatas dan jika tidak memenuhi syarat maka beasiswa akan ditarik (?)….. *selanjutnya, maksudnya kuota s2 jalur univ 12 org, apa itu kuota hanya untuk indonesia? atau itu sudah kuota untuk semua pendaftar dari berbagai negara?

    • Hai Fanny

      Persyaratan nilai itu kebijakan kampus yang menerima kita nantinya. kalau untuk kuota setiap tahunnya mungkin berbeda-beda

  31. Hai admin, trimakasih infonya 😊 saya mau tanya :
    1. Maksudnya 12 org quota jalur univ, apa itu artinya tiap universitas mnerima sekitar 12org, atau 12 org itu sudah mencakup semua pendaftar dari berbagai univ?
    2. Jelasin maksdnya kuota general, regional, dan science 🙏🙏

    Mohon dibalas.. Trimakasih

  32. Siang min, mau tanya. Kan ada pemberitahuan harus ada dokumen yang udh di translate, nah untuk info translator nya kan via gmail. Apakah ada patokan biaya ?

  33. Pendaftaran untuk undergraduate di mana kalau melalui gmail bisa, kalau interview nya juga melalui gmail bisa tidak?
    Umur ku msih 15 th , kasih tau dong cara cara aku kurang mengerti nih 😢😢

    • Hai Anis,

      Kamu bisa mendaftar KGSP kalau sudah lulus SMA. Pendaftaran tidak bisa melalui email, kamu harus mengirim langsung berkas kamu ke kedutaan atau universitas. interview pasti harus langsung tatap muka. keseluruhan pendaftaran dan seleksi tidak ada yang melalui email.

    • kak mau tanya dong ?
      kak kan aku mau daftar kgsp via embassy jurusan fashion diseign
      itu daftarnya lewat aplikasi atau pos dan itu langsung udah di tanslet ke notulis dulu ya tolong di jelasin ya kak …
      teruss aku masih bingung kak , seumpama aku kan belum tau kapan ijazah ku muncul itu gimana makasihh

  34. Kak mau tanya, apakah untuk mendaftar yang program master harus mendapat gelar selambatnya bulan agustus. Apakah ada kemungkinan jjika lebih dari bulan itu dapat diterima beasiswanya? Apakah sudah pasti ditolak? Terima kasih mohon jawabannya.

  35. halo!

    aku mau tanya nih kak, krn to be honest aku masih bingung banget. literally aku baru tau KGSP hari ini melalui salah seorang youtubers. so first step yang harus kita ambil buat ngumpulin berkasnya tuh apa ya kak? aku harus ke mana?

    oh ya, for u guys yang tahun 2019 lulus (tahun ini naik kelas XII) dan tertarik sama beasiswa ini, I hope we can be friend. It’ll be good if anybody reply this so that we can contact each other:))

    looking forward for answer of my question and my friend soon to be!

  36. Kak kalau boleh tnyk. Kalau daftar via university itu dokumen nya langsung kita kirim ke alamat universitasnya??? Universitas yg di pilih boleh ngak lebih dari satu?

  37. Kak kalau boleh tnyk. Kalau daftar via university itu dokumen nya langsung kita kirim ke alamat universitasnya??? Universitas yg di pilih boleh ngak lebih dari 1 ?

  38. Hai admin…
    Aku mau tanya untuk lulusan D4 apakah bisa lanjut langsung S2 di korea..? Dengan jurusan yang berbeda juga bisa gak..?
    Soalnya sempat denger klo lulusan D4 itu banyak gak ditrima buat lanjut S2 di univ indo… Apakah di korea juga sama?

    Tolong di jawab min yaa… Thankyou..^^

  39. Kalau kita mendaftar lewat universitas berarti harus ada surat keterangan lulus dari univ? dan harus mengikuti syarat pendaftaran yang diajukan masing-masing univ, misal seperti niali toefl atau ielts yang meskipun tidak dibutuhkan di KGSP?

  40. kak, maksud dari tipe universitas regional dan non regional untuk lanjut program S2 gimna kak?
    dan untuk pendaftaran melalui jalur universitas dibagi menjadi dua kategori, yaitu 8 orang kuota general dan 4 orang kuota regional dan science. maksud dari kuota general, regional an science itu gimna kak??
    terima kasih

    • Hai Yusriani,

      Sebagian pertanyaan sudah dijawab di pertanyaan kamu yang lainnya ya.

      kuota disini maksudnya adalah jika ada orang yang ambil jurusan science dan memilih universitasnya yang termasuk dalam kategori regional, maka dia masuk ke kuota 4 orang, bukan kuota general.

  41. halo kak, tipe universitas regional dan non regional maksudnya gimna kak? dan klo mau daftar jalur universitas track klo ambil universitas yg non regional apakah bisa kak?
    terima kasih

    • Hai Yusriani,

      Tidak perlu pusing dalam memahami arti non regional atau regional ( ini hanya istilah daerah dimana universitasnya berada saja), biarkan itu urusan pemerintah korea selatan untuk membagi universitasnya.

      Fokusnya kamu adalah memilih kampus yang sudah di kategorikan oleh pihak KGSP. karena mereka memberikan persyaratan khusus untuk kampus regional dan regional.

      Silahkan cek kembali guidelinenya ya.

  42. Halo, jurusan Master of education ada tidak ya? Saya lulusan pendidikan fisika, bingung kalau masternya apa aja yang bisa di ambil. Apakah arsitek bisa?

  43. Selamat siang kakak
    kak mau tanya, kak saya bisa kirim berkas ke kakak untuk di translate? Kalau bisa dikirim kemana dan biayanya berapa? Saya sendang persiapan untuk mengikuti KGSP bulan September 2018 ini.

  44. Kak, aku mau tanya kalau mau daftar langsung ke website study in korea dan langsung tentuin online aplication atau bagaiman?

  45. Kak aku mau tanya, itu formulirnya di isi tulis tangan atau di ketik ya kak? Terus kalau kita punya sertifikat apa bisa di ikutkan juga di dalam dokumennya atau tidak kak? Dan apakah harus di translate juga? makasih kak

  46. Saya indah nirmala rasyid… saya mau nanya itu yang bagian rapor nya… di terjemahin satu rapor atau cuma nilainya aja yg dr awal smpai akhir smester kak ? Trus klo daftar via embassy.. 2018 nya kapan yah bukanya?… niied selalu ngga ada konten kak kalo dibuka…

  47. Hay kak. Slamat siang. Kak aku mau nanya nhi… aku msh SMA nhi aku pengen ikut daftar beasiswa KGSP 2018 nhi kak… caranya gimna yah kak? Trus ada lagi kak … kan nnti untuk meniyapkan berkas” yah ya kak? Untuk di translate kan ke bahasa inggris itu apa” ajah yg musti di siapkan yah kak?
    Terima kasih banyak kak …

  48. Hay kak. Slamat siang. Kak aku mau nanya nhi… aku msh SMA nhi aku pengen ikut daftar beasiswa KGSP 2018 nhi kak… caranya gimna yah kak? Trus ada lagi kak … kan nnti untuk meniyapkan berkas” yah ya kak? Untuk di translate kan ke bahasa inggris itu apa” ajah yg musti di siapkan yah kak?
    Terima kasih banyak kak …

  49. kak mau tanya dong ?
    kak kan aku mau daftar kgsp via embassy jurusan fashion diseign
    itu daftarnya lewat aplikasi atau pos dan itu langsung udah di tanslet ke notulis dulu ya tolong di jelasin ya kak …
    teruss aku masih bingung kak , seumpama aku kan belum tau kapan ijazah ku muncul itu gimana

  50. kak mau tanya dong ?
    kak kan aku mau daftar kgsp via embassy jurusan fashion diseign
    itu daftarnya lewat aplikasi atau pos dan itu langsung udah di tanslet ke notulis dulu ya tolong di jelasin ya kak …
    teruss aku masih bingung kak , seumpama aku kan belum tau kapan ijazah ku muncul itu gimana makasihh

  51. Assalammualaikum kak..
    Aku mau mintak info pendaftaran dan dimana daftarnya beasiswa tersebut dan alur perdafran serta semua tentang pendaftaran beasiswa untuk S2 di KGSP 2019 ..

    Mohon bimbingan dan arahan nya.

    Terima kasih

  52. Hai kak mau tanya..
    Aku kalau mau beasiswa kuliah s1 di korea apa masih bisa ya padahal aku sudah pernah kuliah D3 di surabaya?
    Pendaftaran KGSP S1 nya sudah ditutup ya?
    Kalau sudah ditutup, tahun depan apakah aku masih bisa daftar beasiswa kuliah S1 di korea?
    Saya sudah tanya di email nya info.beasiswa.korea@gmail.com tapi belum dijawab
    Bantu aku ya kak saya sangat berharap agar dapat di apply semua persyaratan beasiswa kuliah di korea ☺️😇

  53. Halo ka aku mau tanya tahun depan aku kan lulus smk tapi sekolah ku jurusan perawat kira-kira kalo aku lanjut ngambil S1 nursing bisa ga ya ka?

  54. Selamat Siang KK..

    Saya lulusan S1 Management (Peminatan Operasioan Industri). dari universitas swasta dengan akreditasi A. Umur saya sekarang 36 tahun. apakah saya bisa mengambil beasiswa S2 KGSP dengan jurusan Magister Management di Korea?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here