Beasiswa Korea

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Strategi Cara Daftar Beasiswa KGSP

Bagikan artikel :

KGSP. Semua calon mahasiswa yang ingin kuliah di Korea pasti ingin mendapatkan beasiswa ini.

Mulai yang baru lulus SMA, sampai yang ingin melajutkan study ke jenjang pascasarjana.

Karena banyaknya peminat, kamu membutuhkan strategi untuk bisa mendapatkan beasiswa ini.

Kemudian, Startegi apa sih yang harus kita punya untuk mendapatkan beasiswa KGSP?

Pada artikel ini kita akan membahas strategi untuk mendapatkan beasiswa KGSP mulai dari masa pendaftaran.

Baiklah…

Sekarang kita langsung saja membahas strategi apa saja yang perlu dilakukan dalam mendaftar beasiswa.

  • Strategi 1. Persiapan Sebelum Mendaftar Beasiswa KGSP
  • Strategi 2. Menyusun Startegi Untuk Mendaftar Beasiswa KGSP
  • Strategi 3. Memilih Jalur Pendaftaran yang Tepat
  • Strategi 4. Pengiriman Berkas Pendaftaran beasiswa KGSP

Strategi 1. Persiapan Sebelum Mendaftar Beasiswa KGSP

Setiap hal yang ingin kita lakukan atau capai, haruslah dibarengi dengan persiapan yang matang.

Karena dengan melakukan persiapan akan membuat diri menjadi lebih siap untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi nanti.

Saat kamu hendak pergi jalan-jalan ke suatu tempat saja, kamu mempersiapkan segala hal.

mulai dari tiket, tempat menginap, makanan dan lain-lain.

Nah, begitu juga dengan mendaftar beasiswa.

Mendaftar beasiswa itu ibaratkan seperti mempersiapkan diri untuk travelling ke suatu tempat.

Kamu harus mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Informasi adalah kompas untuk mendapatkan beasiswa.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya

Semakin banyak informasi yang kamu punya, semakin mudah untuk meningkatkan kesempatan kamu menerima beasiswa.

Kamu bisa mendapatkan informasi tentang KGSP dari :

  • Website resmi beasiswa KGSP
  • Website penyedia informasi beasiswa KGSP
  • Blog Penerima beasiswa KGSP
  • Blog pelamar beasiswa KGSP
  • Website beasiswakorea.com

Mungkin kamu juga akan bertanya-tanya . . .

“Informasi apa sih yang harus aku cari tuh ?”

Enggak usah khawatir kami kasih sedikit bocoran,

berikut informasi yang harus kamu cari :

  • Kenapa harus beasiswa KGSP ?
  • Apa yang dicari oleh pihak KGSP dari pelamar beasiswa KGSP
  • Cara mengisi formulir pendaftaran
  • Cara mendfatar beasiswa KGSP
  • Syarat Pendaftaran beasiswa KGSP
  • Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mendaftar
  • Universitas apa saja yang bisa kamu pilih
  • Cara membuat visa untuk penerima KGSP
  • dan masih banyak lagi.

Untuk yang sudah menjadi member BKMembership dan mengikuti BKMentorship Program pasti udah tahu apa aja yang harus dilakukan bukan?

Strategi 2. Menyusun Startegi Untuk Mendaftar Beasiswa KGSP

Oke, setelah kamu sudah merasa mendapatkan informasi yang cukup pada Srategi 1, selanjutnya adalah menyusun startegi untuk mendaftar beasiswa KGSP .

Jika kamu gagal dalam menyusun sebuah rencana, maka kamu sebenarnya sedang merencanakan sebuah kegagalan.

Rencana itu penting sekali. Karena dengan memiliki sebuah rencana, Kamu bisa lebih fokus untuk mempersiapkan dan menyelesaikan syarat pendaftaran beasiswa.

Berikut 3 strategi dasar yang biasa diberikan dalam pendampingan beasiswa oleh tim BKmentorship program.

  1. Siapkan semua berkas dasar pendaftaran beasiswa KGSP.
  2. Mulai membuat kerangka Personal Statement dan Study Plan.
  3. Terjemahkan berkas sesuai dengan syarat pendaftaran.

Selain 3 startegi diatas, kamu mungkin bisa mencoba tips dibawah ini untuk menyusun strategi kamu sendiri.

  • Jangan terburu-buru, beasiswa KGSP tidak buka sekali seumur hidup.
  • Pelajari guideline yang diberikan oleh pihak KGSP
  • Cari informasi sebanyak-banyak seperti Strategi 1
  • Pelajari mendaftar beasiswa selain KGSP, kamu pasti juga akan mendapatkan informasi penting.
    • Selalu ingat, pada dasarnya semua beasiswa itu sama.
  • Pemberi beasiswa juga manusia, so enggak perlu khawatir ataupun takut yang berlebihan.

Strategi 3. Memilih Jalur Pendaftaran yang Tepat

Cara daftar beasiswa KGSP

Kalau kamu sudah melakukan Strategi 1 dan Strategi 2 dengan baik.

Seharunya sekarang kamu sudah siap untuk mengirimkan berkas pendaftaran.

eiiiiiiitsssss, tunggu dulu sob !

Kamu juga harus memilih jalur yang tepat sesuai dengan syarat pendaftaran yang sudah kamu persiapkan.

Kalau kamu sampai salah memilih jalur pendaftaran, kamu mungkin saja akan mengalami kerugian berikut ini.

  • Biaya persiapan berkas akan lebih banyak.
  • Menurunkan daya saing untuk mendapatkan beasiswa.
  • Berkas tidak memenuhi persyaratan.
  • Kehabisan waktu untuk mendaftar.
  • kehilangan quota.

Sebaliknya, kamu mungkin saja akan mendapatkan banyak keuntungan dengan memilih jalur yang tepat.

  • Biaya masih sesuai budget kamu.
  • Daya saing untuk mendapatkan beasiswa meningkat.
  • Masuk dalam quota yang bisa kamu dapatkan untuk jalur tertentu saja.
  • Pintar dalam mengatur waktu pendaftar.

Strategi 4. Pengiriman Berkas Pendaftaran beasiswa KGSP

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara mendaftar dan mengirimkan berkas pendaftaran,

kamu harus memahami beberapa hal mendasar tentang bagaimana caranya mendaftar beasiswa KGSP.

Pertama. Bahasa yang digunakan.

Kamu harus menyiapkan berkas pendaftaran dengan mengunakan bahasa korea atau bahasa inggris.

Kedua. Pengisian Formulir pendaftaran.

Formulir Pendaftaran sebaiknya diketik bukan ditulis tangan.

So, buat yang sering bertanya diketik atau ditulis tangan, sekarang kamu sudah tahu jawabnnya ya 🙂

Ketiga. Tahun Keberangkatan.

Ini penting sekali untuk diperhatikan.

Kamu harus bisa menyusun jadwal untuk mendaftar beasiswa KGSP, karena tahun berangkat dengan tahun mendaftar berbeda.

Misalnya :

Kondisi dalam cerita ini, bulan Januari 2019.

Tony saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa KGSP 2020. Budi, adiknya Tony, juga ingin mendaftar KGSP.

Sehingga mereka mencari blog-blog KGSP serta pengalaman beasiswa KGSP baik itu dari persiapan hingga mengirim berkas pendaftaran.

Bukan hanya itu Tony dan Budi juga mencari informasi mengenai pengalaman interview KGSP.

Setelah mereka mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Akhirnya mereka mencoba untuk mendaftar.

Tony membaca informasi beasiswa KGSP 2019.

Informasi yang dibaca oleh Tony adalah informasi beasiswa KGSP untuk keberangkatan 2020 bukan keberangkatan 2019.

Sedangkan Budi, Budi sedikit mengerti perbedaan antara tahun keberangkatan dan tahun mendaftar berbeda.

Sehingga, Budi membaca informasi beasiswa KGSP tahun 2020 untuk keberangkatan tahun 2021.

Kemudian, Budi memberikan saran kepada kakaknya.

” Kak Tony, Ayo kita mempersiapkan berkasnya sesuai dengan tahun terbaru.

Kalau belum bisa menemukan formulir terbaru . . .

kita bisa mempersiapkan berkasnya sesuai yang lama kemudian nanti kita sesuaikan dengan yang baru” kata Budi.

Keempat. Mengirim berkas

Berkas pendaftaran KGSP harus dikirim sesuai dengan jalur pendaftaran yang kamu pilih.

Jalur kedutaan atau jalur universitas.

Kamu harus selalu melakukan double check sebelum mengirimkan berkas pendaftaran.

Sehingga kamu mengirim berkas sesuai dengan jalurnya.

Pada Bab selanjutnya kita akan membahas bagaimana caranya mendaftar beasiswa KGSP.

Isi dari panduan tersebut berupa :

  • Panduan mengisi form beasiswa KGSP
  • Cara mendaftar KGSP jalur Kedutaan
  • Cara mendaftar KGSP jalur universitas

Karena beasiswa KGSP terbagi menjadi dua tipe, yaitu KGSP Undergraduate dan KGSP Graduate.

Silahkan teruskan membaca sesuai dengan tipe KGSP yang kamu pilih. Semoga artikel Cara daftar beasiswa KGSP ini dapat membantu kamu, ya!

Bagikan artikel :

Subscribe
Notify of
guest
736 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aisyah Amini
Aisyah Amini
1 year ago

Hallo Kak Adm!

Saya Aisyah, mahasiswa S1 IP, sekarang baru jalan Sem-3 Kak. Saya masih belum mengerti betul dengan jadwal pendaftaran KGSPnya. Kira2 nanti jadwal perkuliahan Saya berakhir di bulan Agustus 2024. Jadinya Saya bisa daftarnya di bulan apa? Jika saja jadwal pendaftaran tidak berubah2 setiap tahunnya. Terima kasih, Kak Adm!

Indah
1 year ago

kak untuk sertifikat toefl dan sertifikat lainnya itu didapat dari mana ya?

Admin BK
Admin BK
Reply to  Indah
1 year ago

Hai Indah, untuk mendapatkan sertifikat TOEFL ataupun sertifikat kemampuan bahasa lainnya, tentunya kamu mengikuti tesnya. Untuk sertifikat lain seperti lomba atau konferensi tentu kamu juga harus mengikuti lomba atau konferensinya.

Balqis
Balqis
1 year ago

Maaf kak, aku punya beberapa pertanyaan mohon dijawab ya kak

1. Untuk mendaftar kgsp apa harus memiliki surat rekomendasi?

2. Untuk nilai rata-rata S1 kan harus diatas 80 tapi nilai rata-rata rapotku 77,82 berarti gak bisa daftar ya kak?

Admin BK
Admin BK
Reply to  Balqis
1 year ago

Hai Balqis,
Sesuai dengan ketentuan yang tertulis pada guideline, salah satu dokumen yang harus kamu lampirkan adalah surat rekomendasi, dan itu bersifat wajib. Jika kamu ingin mendaftar program Bachelor Degree maka kamu harus memiliki nilai minimal rata-rata rapot selama 6 semester 80, sementara untuk program Associate Degree kamu harus memiliki nilai rata-rata minimal rapot selama 6 semester 75, apabila nilai kamu belum mencukupi kamu belum bisa mendaftar.

Semangat terus Bilqis, semoga jawaban ini membantu ya!

Intan
Intan
1 year ago

halo kak saya mau tanya saya ingin daftar GKS pendaftaran tahun 2021 saya lulusan tahun 2019 bisa saya pendaftar GKS tahun 2021

AdminBK
AdminBK
Reply to  Intan
1 year ago

Hai Intan,

Kamu bisa daftar GKS tahun 2021 kok! Semangat ya 🙂

Semoga membantu ^^

Intan
Intan
1 year ago

halo kak saya mau tanya saya ingin daftar GKS pendaftaran tahun 2021 saya lulusan tahun 2019 bisa kah saya mendaftar yang saya kurang paham adalah pendaftarannya itu kan di buka 2 kali musim semi dan musim gugur karena pengumuman untuk pendaftaran gks tahun 2021 yang musim semi sudah di umumkan bisa enggak yah saya daftar di musim gugurnya
mohon di jawab 🙂

AdminBK
AdminBK
Reply to  Intan
1 year ago

Hai Intan,

Setiap tahunnya GKS memiliki 2 pilihan waktu pendaftaran. Sekitar bulan Agustus-September, GKS membuka pendaftaran untuk KGSP Undergraduate untuk jenjang D2 dan S1. Sementara itu GKS membuka pendaftaran untuk KGSP Graduate sekitar bulan Februari-Maret untuk pascasarjana. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ingin kamu tempuh ya.

Semoga membantu ^^

Artikel Lainnya yang perlu kamu baca.

736
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x